CARA MEMILIH PAPAN SKATE YANG BAIK

1. Deck / papan

papan
Memilih papan adalah bagian yang paling penting, karena kenyamanan kaki kita saat berpijak di atas papan akan sangat mempengaruhi permainan
kita. Papan skateboard memiliki ukuran antara lain  7.5, 7.625, 7.75, 7.8, 8.0, 8.25 hingga 8.38 inci.
Lalu ukuran berapakah yang harus kita pilih? Itu semua tergantung pada tehnik dan tempat kita bermain. Umumnya tipe permainan skteboard terbagi 2, yaitu Transition/vert-ramps skate (permainan ini biasa dilakukan oleh Tony Hawk)
dan street skateboard (permainan ini biasa di lakukan oleh Rodney Mullen).
Pada transition skate, ukuran papan yang di gunakan biasanya lebih lebar dibandingkan street skate, yaitu 7.8 keatas, karena akan lebih mudah mengontrol skateboard. Sedangkan untuk street skate biasnya ukuran yang digunakan lebih ramping yaitu 7.75 kebawah, karena akan lebih mudah dalam melakukan trick flip. Namun terlepas dari transition skate dan street skate penulis menganjurkan agar memilih papan yang sesuai dengan ukuran dan kenyamanan kaki kita, sebelum membeli mintalah izin dari penjaga toko untuk mencoba berdiri di atas papan dan plihlah yang menurut kita paling nyaman.

2. Grip tape

gt
Grip tape adalah semacam lembaran amplas yang di tempel pada bagian atas papan, fungsinya untuk menjaga papan agar tidak licin sehingga kaki tetap berpijak pada papan. Bagi yang ingin berhemat ada tips khusus, yaitu dengan cara membeli amplas di toko matrial, lalu di potong sesuai bentuk papan skateboard dan dilem menggunakan double tape. Namun jikabudget kita cukup lebih baik menggunakan grip tape khusus skateboard harganya antara 45 sampai 80 ribu rupiah.

3. Truck

skateboard-trucks
Truck adalah terminal yang menghubungkan antara deck dengan wheels. Seperti halnya deck, truck juga memiliki ukuran. Pastikan kamu memilih truck dengan ukuran yang sesuai dengan deck yang kamu pilih, karena jika truck terlalu panjang akan sulit untuk membelokan skateboard, dan jika truck terlalu pendek maka akan sulit mengontrol skateboard. Truck juga memiliki ketingian ada yang low, middle, dan high. Jika jika kamu memilih wheels yang besar pastikan truck yang kamu pilih berukuran high, agar terdapat ruang antara deck dan whels.
Di tengah truck terdapat karet yang berbentuk bulat – lonjong seperti donat namanya karet bushing. Kekerasan bushing ada yang soft, medium, dan hard. Menggunakan bushing soft membuat skateboard lebih susah dikendalikan namun dapat membuat skateboard mudah berbelok. Sedangkan menggunakan bushing hard akan membuat skateboard lebih stabil. Beberapa pemula sering mengeluhkan bahwa skateboard mereka sulit dikendalikan, suka mring kekiri dan kekanan, itu dikarenakan tanpa sadar bushing yang mereka gunakan adalah yang soft, makauntuk pemula di anjurkan untuk memakai bushing medium atau hard.

4. Wheels dan bearings

wb
Agar skateboard dapat meluncur tentunya kitaharus memiliki wheels dan bearings. Wheels memiliki ukuran dan juga tingkat kekerasan. Jika bermain di area yang halus wheels yang digunakan biasanya lebih kecil yaitu 51mm – 55mm dengan tingkaat kekerasan 95a – 100a. Tapi jika kita bermain di jalan yang kurang rata atau di aspal wheels yang di gunakan biasanya berukuran lebih besar, yaitu 56mm – 60mm dengan tingkat kekerasan durometer lebih
rendah.
Wheels tidak akan dapat berjalan tanpa ada bearing ditengahnya. Bearing skateboard memiliki ukuran yang sama untuk setiap wheels yaitu 608, yang membedakan adalah tingkat kelicinan bearing, yang biasa di tandai denga ABEC rated, yaitu 1,3,5,7,dan 9. Makin tinggi rate ABEC nya maka bearing akan semakin licin. Untuk street skate rate yang digunakan adalah ABEC 3- ABEC5 sedangkan untuk trasition dan bowl membutuhkan speed yang lebih besar, ABEC 7 atau ABEC9.

5. Riser pads dan Hardwear

rph
Riser pads adalah bantalan karet berbentuk persegi yang terletak di antara truck dan deck. Fungsinya adalah untuk mengurangi tekanan saat kita melakukan trick. Sedangkan hardware terdiri dari baut dan sekrup. Fungsinya untuk menempelkan truck, deck dan riser pads menjadi satu kesatuan. Demikianlah sekelumit tips memilih perangkat skateboard dari saya, semoga bermanfaat, dan selamat meluncur!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s